Wednesday, June 4, 2008

Tanya jawab kesehatan reproduksi remaja


T: umur gue sekarang 15 tahun. Kata guru, gue sekarang sedang berada
dalam masa puber. Gue udah sering denger tentang masa 'puber, tapi gue
belum ngerti banget apa itu masa puber. Tolong dijelasin dong!
J: Masa puber adalah masa dimana tubuh sedang mengalami perubahan
besar-besaran, dari struktur tubuh anak-anak menjadi struktur tubuh orang dewasa.
Awal dimulainya masa puber pada cowok antara umur 13 atau 14 tahun (lebih
lambat dari cewek yang udah mulai saat umur 11 atau 12 tahun), dan akan berakhir
sekitar umur 17 - 18 tahun. Tapi ini nggak mutlak, soalnya kondisi tubuh
masing-masing orang kan beda-beda. Jadi ada juga cowok yang mengalami masa
puber lebih cepet atau malah terlambat. Karena perubahan besar-besaran ini terjadi
di semua lini dan berlangsung dalam waktu yang nyaris bersamaan, perasaan dan
emosi kita pun kerap terganggu.
T: Gue cowok 17 tahun, tapi gue belum pernah mimpi basah. Padahal setiap
hari gue selalu melakukan masturbasi. Kenapa bisa begini?
J: Kalo tiap hari melakukan masturbasi, kemungkinan mengalami mimpi basah
emang kecil. Mimpi basah kan salah satu mekanisme alamiah tubuh untuk
mengeluarkan sperma yang melebihi kuota kantong sperma. Nah, kalo tiap hari
masturbasi, jumlah sperma yang tersimpan dalam kantong sperma jelas nggak akan
pernah overload, soalnya kan dikeluarin terus sebagian saat masturbasi. Jadinya ya
kamu nggak mimpi basah-mimpi basah deh.

Download