Thursday, June 26, 2008

Hacker For Beginer


Menarik apa yang dikatakan S’to dalam bukunya Seni Internet Hacking tentang proses hacking. Di situ ia menolak ketaklidan terhadap langkah-langkah yang tampaknya mulai agak menjadi baku dalam tiap buku atau artikel hacking. Saya setuju dengan pendapat ini. Jika hacking adalah seni, maka upaya membakukan seni justru mematikan seni itu sendiri. Anda yang pernah menonton film Dead Poet Society pasti akan mengerti benar hal ini.

Dengan pemikiran yang sama, saya juga tidak terlalu setuju dengan pengkategorian hacker. Siapa yang punya hak untuk bilang hacker yang ini guru, yang itu coder, yang lainnya lagi whacker. Contoh pengkategorian level ini bisa anda lihat di http://hscool.netclub.ru/levels.html. Mungkin orang yang tidak terlalu jago pemrograman, bisa aja melakukan pembobolan suatu situs online banking. Saya pernah mendengar ada yang berhasil mendapatkan informasi pelanggan BCA hanya dengan membuat suatu web yang persis mirip situs BCA tapi dia menamakannya clickbca.com. nama yang rada-rada mirip dengan klik-bca.com.

Jika dipaksa untuk membuat kategori, saya lebih memilih dua kategori. Hacker dan Cracker. Walaupun terkadang perbedaannya sangat tipis sekali. Ini disebabkan adanya dua mainstream pemikiran filosofi hacker dalam intrepetasi mengenai etika

Download