Monday, June 16, 2008

Panduan antena kaleng


Dokumen ini merupakan dokumentasi yang digunakan untuk membantu
rekan-rekan yang memerlukan akses internet dengan biaya yang murah
(meskipun ga murah banget). Tulisan ini hadir karena banyaknya permintaan
pembaca blogku yang terdahulu dan yang sekarang (alyauma.wordpress.com).
Saya minta maaf jika dalam dokumentasi ini gambarnya kurang jelas dan
perangkatnya yang sudah berkarat (maklum kena hujan dan panas lebih dari
satu tahun). Tapi di edisi revisi ini saya menambahkan beberapa foto-foto yang
lumayan jelas yang diambil dari internet---semoga dengan gambar lebih mudah
membantu.
Dalam pembuatan dokumentasi antena kaleng ini saya melakukan revisi
pada ukuran yang ternyata sangat-sangat keliru (semoga belum banyak yang
mencobanya). Saya juga menyertakan perhitungan dari beberapa situs yang saya
temukan, sekaligus menambahkan perhitungan mengguna sebuah software.
Ukuran yang digunakan untuk membuat antena adalah kaleng dengan
panjang 133 milimeter atau 13,3 centimeter, berdiameter 10 centimeter. Untuk
mencari kaleng dengan ukuran yang pas (tepat ukurannya) sangat sulit. Untuk
itu cobalah cari kaleng yang mempunyai diameter 10 cm dan panjangnya boleh
melebihi 13,3 cm. Pergilah ke supermarket dan belilah kaleng twister atau astor
(sekalian isinya tentunya). Kedua kaleng makanan ringan ini umumnya
ukurannya sudah sesuai dengan yang diharapkan. Anda juga bisa menggunakan
kaleng bekas pelumas yang ukurannnya kebanyakan mencukupi untuk
digunakan.

Doawnload