Sunday, April 12, 2009

Kumpulan cerita trio detektif


"Awas!" seru Jupiter Jones.

Terlambat bagi Pete Crenshaw. Dibebani oleh sebuah peti model kuno, sepasang dayung antik, dan berbagai benda kelautan lainnya, anak bertubuh jangkung itu tidak melihat bahwa ia berjalan tepat ke arah setumpuk per tempat tidur yang telah disusun dengan rapi oleh Jupiter pada pagi hari itu di dekat gerbang depan Jones Salvage Yard.

Pete berhenti ketika mendengar peringatan Jupiter namun terlambat. Tumpukan per tempat tidur itu roboh, memaksa Bob Andrews untuk melompat menjauh sebelum ia terkubur!

Tepat pada saat itu Bibi Mathilda keluar tergopoh-gopoh dari kabin kecil yang berfungsi sebagai kantor pangkalan barang bekas itu.

"Demi Tuhan!" serunya. "Apa-apaan semua ini?" Ketika ia melihat Bob bangkit berdiri sambil mengibas-ngibaskan debu di tubuhnya, kekhawatiran muncul di wajah wanita itu. "Kau tidak apa-apa, Robert? Apakah kau terluka?"

"Saya tidak apa-apa," jawab anak yang bertubuh paling kecil di antara rekan-rekannya itu, "tapi per-per itu perlu bantuan."

Bibi Mathilda melihat jam saku antik yang selalu dibawanya dan mengerutkan kening. "Biarkan per-per itu," katanya, "kita harus memuati truk itu sebelum Titus dan Hans kembali dari membeli-beli di Burbank!" Wanita baik hati itu, yang sebenarnya menjalankan pangkalan barang bekas itu, berpaling dan berjalan kembali ke kantor. Ketika ia sampai di pintu, ia berhenti dan berseru melewati bahunya.

"Dan kau lebih hati-hati, Pete Crenshaw!"

Pete menatapnya dengan rasa bersalah. "Ya, ma'am," katanya. "Saya rasa saya tidak seharusnya berusaha membawa semua barang bekas itu sekali jalan."

Mathilda Jones nampak galak dari luar namun semua orang tahu ia memiliki hati emas. Ia tersenyum kepada Pete. "Tidak ada yang rusak," katanya. "Aku cuma tidak ingin harus menjelaskan kepada orang tua Bob bagaimana ia sampai masuk rumah sakit dengan per ranjang di kepalanya!"

Sambil tetap tersenyum wanita itu menghilang ke dalam kantor untuk menyelesaikan pekerjaannya. Ketika ia telah hilang dari pandangan, Pete berpaling ke arah Jupe.

"Apa sih yang diinginkan Paman Titus dari semua peralatan kelautan ini? Bukankah kita semua akan pergi ke Oregon untuk berlibur?"

Seminggu sebelumnya bibi dan paman Jupiter telah mengumumkan sesuatu yang tak terduga -- mereka akan berlibur selama dua minggu! Jupiter sama sekali tidak pernah mendengar hal semacam itu. Terakhir kali Titus dan Mathilda Jones berusaha berlibur adalah beberapa tahun yang lalu. Mereka seharusnya pergi ke Monterey namun belum lagi satu minggu berlalu ketika mereka telah memenuhi truk dengan barang bekas, termasuk beberapa kuda kayu dari sebuah komidi putar rusak, patung gips setinggi 180 cm yang merupakan replika dari "Daud" karya Michaelangelo, dan sebuah meja tulis yang bagian atasnya bisa dibuka, yang menurut Paman Titus pernah digunakan oleh seorang penulis ternama meskipun ia tidak ingat siapa. Dengan semua benda tak ternilai di bak belakang truk menunggu untuk dicuri, Keluarga Jones tidak punya pilihan lain kecuali berkemas dan pulang lebih cepat ke rumah -- tempat mereka paling bahagia sesungguhnya!

Download